FTP/SFTP Client ku Pakai Cyberduck, Kamu?

Halo teman-teman, selamat berpuasa dan semoga puasanya lancar bagi yang menjalankannya, ini adalah postingan artikel aku yang pertama selain postingan “Hello World” ya, aku kan sharing aplikasi FTP Client yang jadi gacoan aku sekarang ini (enggak tau kalau suatu saat nanti berubah) tapi sebelumnya mungkin ada temen-temen yang belum tahu apa itu FTP Client, secara singkat sebuah FTP Client adalah program yang terinstal pada komputer kita yang dapat terhubung ke server web untuk membantu proses upload dan download file. Karena FTP Client memiliki tampilan antarmuka maka FTP Client akan lebih mudah untuk digunakan bahkan oleh pemula sekalipun kayak aku ini, belajar menggunakannya juga gampang rek gak pake ribet.

Untuk FTP Client sendiri di internet sangat banyak sekali jenisnya, sampai-sampai aku pun bingung alias mumet pada awalnya. Aku akan coba sebutin, ada:

  • Filezilla, mungkin adalah FTP Client gacoan temen-temen, dulu pada awalnya aku juga pakai Filezilla tetapi ada saja kendalannya sehingga aku putuskan untuk tetap menggunakan CPanel saja dalam hal mengelola server web.
  • FireFTP, FTP Client yang menempel di browser Mozilla Firefox alias addon.
  • WinSCP, nah yang ini mungkin adalah FTP Client gacoan temen-temen yang sempat frustasi menggunakan FileZilla, entah bagaimana teman-teman saya kok suka sekali dengan software ini.

Mungkin masih banyak sekali nama-nama lainnya yang belum aku sebut, kecuali gacoan aku ya. Sebenarnya sudah aku sebutin juga di judul artikel ini, yups aku sampai saat ini masih menggunakan Cyberduck. Mengapa aku memilih itu? gampang sih, “it’s free yet powerful” haha tapi yang jelas dulu aku adalah pengguna FileZilla yang tidak terpuaskan oleh software tersebut pada saat itu lho ya, kalau sekarang sudah canggih yang enggak tahu aku. Pada waktu itu FileZilla belum bisa merubah akses suatu file dan folder, belum bisa extract file dengan ekstensi .zip dan beberapa kekurangan yang lainya padahal menurut ku itu sangat penting lho ya rek, aku pasti sangat bingung saat melakukan manajemen server web kalo harus masuk ke dunia hitam (baca: terminal) sangat MEMUSINGKAN alias mumet rek. Karena keterbatasan itu akhirnya aku berpindah kelain hati.

Tampilan Cyberduck dan beberapa protocol atau service yang disuport

 

Beberapa fitur yang disuguhkan oleh Cyberduct

Nah itu yang aku maksud, dia bisa ekstrak atau expand archive itu yang aku butuhkan, selain itu Cyberduck juga menawarkan fitur-fitur yang lainnya yang bisa aku sebut komplit dan memuaskan, secara aplikasi ini gratis lho, ya kalau temen-temen mau mengapresiasi developernya temen-temen bisa melakukan donasi juga, sebagai info Cyberduct sampai saat ini hanya tersedia untuk macOS dan Windows saja, jadi para pengguna Linux belum bisa mencicipi.

Sekian dulu ya rek semoga bermanfaat, aku tak siap-siap dulu buat berbuka.

Comments

Leave a Reply