Mengapa Belajar Bahasa Pemrograman Python

Hai sob, jumpa lagi dengan saya Charisma Sugiyono yang beberapa bulan ini vakum tidak menulis karena beberapa hal. Untuk kesempatan kali ini aku mau coba menulis artikel tentang bahasa pemrograman yang tidak asing lagi di telinga para developer tanah air. Python adalah sebuah bahasa pemrograman yang termasuk tua bila dibandingkan dengan beberapa bahasa pemrograman yang populer saat ini.

 

  • C diperkenalkan pada tahun 1972
  • C++ diperkenalkan pada tahun 1985
  • Python diperkenalkan pada 20 Februari 1991
  • PHP diperkenalkan pada 4 Februari 1995
  • Java diperkenalkan pada 23 Mei 1995
  • C# diperkenalkan pada tahun 2000.

sumber: wikipedia.com

Python cocok untuk semua kalangan baik developer senior maupun sobat-sobat yang ingin memulai terjun di bidang pemrograman perangkat lunak, karena Python memiliki konsep desain yang sederhana yang berfokus pada kemudahan dalam penggunaan. Kode Python dirancang untuk mudah dibaca, dipelajari, digunakan kembali dan dirawat. Berikut aku mau kasih sobat sekalian gambaran lagi bagaimana posisi Python di mata dunia.
 

Bahasa Pemrograman Paling Populer

Grafik di atas memperlihatkan 20 besar bahasa pemrograman yang populer di akhir Desember 2017. Bisa dilihat pada grafik di atas berdasarkan Tiobe Programming Index Python menempati peringkat ke empat dengan persentase 3,78% itu termasuk posisi yang sangat bagus sob dibandingkan dengan bahasa Go yang pada tahun 2016 dinobatkan menjadi bahasa pemrograman paling populer, malah di akhir tahun 2017 merosot pada posisi ke-17.

Bahasa Pemrograman yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Berdasarkan Indeed.com dihasilkan grafik di atas, tidak hayal bahasa pemrograman yang populer juga sangat dibutuhkan di dunia kerja. Terlihat bahwa Python menempati posisi ke 4 dengan perolehan 11.757 kebutuhan.

Pull Request yang Paling Sering Dilakukan

Pull request kegiatan yang mengindikasikan bahwa ada kegiatan penulisan kode atau biasa kita sebut koding sob. Berdasarkan data yang diperoleh dari github tersebut Python menduduki posisi ke-2 setelah JavaScript, buat aku itu sangat mencengangkan, Python dapat melampaui Java yang dalam popularitas dia memduduki kasta tertinggi.
 
Bisa diamati sejak tahun 2003 Python secara konsisten naik di peringkat sepuluh besar dalam kategori bahasa pemrograman paling populer di TIOBE Programming Community Index sob. Pada tahun 2018 bulan Januari Python menduduki peringkat ke-4 setelah bahasa pemrograman C++, hal ini bisa kita simpulkan bahwa Python masih memiliki taring di era sekarang ini. Untuk di tahun 2018 ini Python akan lebih banyak bersaing dengan bahasa pemrograman JavaScript yang baru-baru ini naik daun sob.
 
Gini ya sob ini cuman beberapa hal yang bisa mendasari sobat-sobat melirik Python untuk dipelajari atau bahkan untuk dikuasai secara profesional, bagi yang mau coba-coba juga bisa tidak ada salahnya, semoga bisa bermanfaat ya sob.
Comments