Upgrade Python 3 di Mac (macOS)

Hai sobat, setelah kemarin aku nulis artikel “Mengapa Belajar Bahasa Pemrograman Python” kali ini aku mau sedikit sharing tentang cara upgrade ke Python 3 di Mac. Pasti sobat sekalian yang lagi mo mulai belajar bahasa pemrograman Python pernah mempunyai pertanyaan seperti ini “Mengapa kita harus belajar Python 3 padahal di Python 2 dukungan komunitasnya sangat kuat dan banyak pula library yang belum support ke Python 3?“, tenang sob aku pun juga mikirnya gitu, setelah melang-lang buana di dunia maya akhirnya ketemu info di webnya Python langsung di sana yang menyatakan bahwa Python 3 adalah masadepan karena kata penciptanya, Guido van Rossum: agar Python bisa Move On dia perlu melakukan perubahan skala internal. Diperkuat juga pada artikel di sana yang menyatakan bahwa Python 2 akan berakhir di tahun 2020, so buat sobat yang punya/sedang menulis kode menggunakan Python 2 mau tidak mau harus melakukan porting atau perubahan kode sehingga bisa berjalan di Python 3, singkatnya sih begitu sob.

Hanya Ada Python 2.7 di macOS

Apple hanya menyediakan Python 2.7 di Mac kamu sob, so jika kamu mau install Python 3 kamu harus melakukannya secara manual sob. Dari info yang aku dapatkan Python 2 bisa berjalan berbarengan dengan Python 3, dengan kata lain setelah sobat install Python 3 maka Python 2 tidak akan hilang dan masih bisa digunakan, mantap kan sob.

Versi Python bawaan macOS

Dimana Kita Bisa Dapatkan Python 3

Kita bisa mendapatkan installer Python 3 langsung di halaman download website resmi Python di sana sob, nanti operating system (OS) sobat akan secara otomatis terdeteksi dan langsung saja klik download gak usah pake lama. Ketika artikel ini ditulis Python berada di versi 3.6.4 (21 Januari 2018).

Halaman download Python 3

Proses Instalasi Python 3

Sobat akan mendapatkan file instalasi Python dengan nama “python-3.6.4-macosx10.6.pkg” terlihat pada nama file terdapat tulisan python-3.6.4 yang mengindikasikan versi python yang sobat download sedangkan tulisan macosx10.6 berarti kebutuhan OS minimal untuk instalasi adalah Snow Leopard ke atas termasuk yang terbaru saat ini. Ketika sobat melakukan double click ke file tersebut, berarti proses instalasi telah dimulai.

Proses instalasi Python 3

Lakukan proses instalasi seperti biasanya sampai sobat mendapat pesan sukses dalam proses instalasinya.

Pesan sukses

Ketika proses instalasi sukses, sobat bisa jalanin Python 3.6 ini di Terminal dengan menggetikkan comman line berikut ini di Terminal

atau

Python 3

Sedangkan kalau sobat mau menjalankan Python 2 yang lama, sobat masih bisa menggunakan command line yang lama.

Menarik bukan, let’s move to the next sob.

Tes Python Dengan Basic IDE

Dalam paket instalasi, Python telah menyertakan sebuah Integrated Development Environment yang biasa kita sebut IDE, yang bernama IDLE. IDLE bisa kita akses di folder Python di dalam direktori Applications, buka aplikasi tersebut dan buat file baru kemudian soba bisa coba mengetikkan kode Python, walaupun terlihat sederhana tapi cukuplah untuk mencoba kode pertama sob.

Mengetik kode Python di IDLE

Kemudian coba jalankan kode tersebut, maka akan terlihat seperti di bawah ini, gampang sekali kan sob.

Menjalankan script Python

Sekian dulu sob buat tutorialnya, sekarang gak ada alasan lagi buat sobat sekalian tidak untuk memulai belajar Python 3 terlebih di komputer Mac, nantikan artikel selanjutnya ya sob so stay tune & see you soon.

 

 

Comments