Bagaimana Aku Melakukan SetUp Atom Untuk Koding Python

Hay temen-temen kali ini aku mau share bagaimana aku memulai untuk belajar bahasa pemrograman Python yang sebelumnya aku udah bahas di sana. Untuk memulai belajar yang pertama kali kita harus punya adalah text editor, setelah serching-searching ternyata banyak sekali nama-nama text editor yang berterbaran di Internet sana. Dari sekian banyak text editor yang ada, aku putuskan untuk menggunakan Atom, dengan alasan gratis dan lumayan mumpuni untuk digunakan untuk berbagai bahasa pemrograman, dan tentunya dukungan komunitas yang besar di github dalam pengembangannya.

Dimana Kita Bisa Dapatkan Atom

Untuk temen-temen yang belum menginstal Atom bisa cek ke web resminya di sana, petunjuk penginstalan juga ada sob, pokoknya komplit. Atom menggunakan slogan “A hackable text editor for the 21st Century”, kata-kata yang sangat menarik menurut aku, secara kasar bisa diartikan sebagai sebuah text editor yang bisa kita atur-atur semau kita, Joss banget kan sob. Perlu diketahui sob ketika pertama kali kita menginstal Atom, sebenarnya kita sudah bisa menggunakannya untuk koding Python, tetapi ada kondisi-kondisi yang membuat kita tidak nyaman, seperti tidak adanya code completion atau bahkan tidak adanya syntax highlighter, itu lho sob yang membuat warna-warni kode kita (untuk bahasa Python), tapi tenang aja sob kita bisa menambahkan kemampuan-kemampuan baru ke dalam Atom untuk menunjang kegiatan koding Python kita nanti.

Packages yang Aku Install

Dalam Atom kita bisa menambah kemampuan-kemampuan baru menggunakan fiturnya yang disebut Package, untuk kali ini kita tidak akan membuat package sob tapi kita gunakan yang sudah ada aja sob, nah… package-package apa sayan yang aku instal mungkin akan berbeda dengan para programmer Python di luar sana, karena sifatnya preferensi sih sob, jadi ya bebas-bebas saja. Berikut package yang aku install sob:

  • ide-python – untuk mengaktifkan support bahasa Python di Atom, termasuk indentasi, code completion, error detection dll tentunya ini sudah satu paket komplit karena kita tidak perlu menginstal satu-satu.
  • script – digunakan untuk melakukan eksekusi script Python di Atom.

Untuk menginstal package sobat bisa buka halaman “Settings” dan klik “Install” kemudian sobat bisa cari package yang diinginkan, dan kalau sudah ketemu bisa klik “Install”, gampang to sob? Joss Pokok eee

Halaman Install Packages

Temen-temen juga bisa mengunjungi halaman packages di web resmi atom di sana untuk cari-cari package yang lainnya dengan deskripsi yang lebih lengkap.

Last, mungkin masih banyak lagi package-package yang bisa kita gunakan untuk development Python, tetapi untuk saat ini dua itu sudah cukup apalagi untuk aku yang masih belajar.

 

Tetap semangat – tetap belajar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya ya sob.

Charisma Sugiyono.

Comments