Pengenalan Ulang JavaScript, Part 2

Halo sobat, artikel ini adalah lanjutan dari artikel “Pengenalan Ulang JavaScript, Part 1” yang dulu pernah aku tulis. Jika artikel yang terdahulu lebih bercerita tentang fungsi-fungsi JavaScript yang telah kita kenal, maka untuk bagian kedua ini aku kan lebih bercerita tentang JavaScript pada masa sekarang.

Jika bercerita tentang JavaScript maka tidak akan bisa terlepas dari pembahasan EcmaScript, karena pada kenyataanya EcmaScript adalah suatu standar sedangkan JavaScript adalah implementasi. Dengan kata lain JavaScript mengikuti standar Ecma International yaitu  asosiasi Eropa yang mengurusi standarisasi sistem informasi dan komunikasi, ECMA merupakan singkatan yang dibaca dari (European Computer Manufacturers Association) yang mengurusi standarisasi bahasa pemrograman internasional berbasis JavaScript.

EcmaScript Version
EcmaScript Version

Sekarang ini EcmaScript sudah sejauh itu tapi kenyataanya tidak semua browser telah mensuport standart terbaru tersebut sehingga hal tersebut lumayan membingungkan untuk sobat sekalian yang mau belajar JavaScript. Untuk saat ini yang sedang banyak dipelajari adalah ES6 yaitu singkatan dari EcmaScript v6. Permasalahan yang sudah umum adalah adobsi standar ECMA yang tidak merata dikalangan browser sehingga sangat menyulitkan developer. Untungnya komunitas opensource menyambut perkembangan JavaScript tersebut dengan tidak kalah pesatnya juga untuk membantu para developer yang sudah putus asa denga perkembangan ekosistem yang kurang menguntungkan (standar & adobsi di browser), dengan munculnya Babel, Webpack,  bahkan yang membuat aku lumayan tercengang adalah munculnya bahasa TypeScript yang menurut aku akan membawa JavaScript memasuki babak selanjutnya.

Jujur sob perkembangan dari JavaScript sangat-sangat pesat banget, sampai-sampai aku itu merasa sangat jenuh sekali dan tidak kuat untuk mengikuti perubahan-perubahannya sob, tapi ya gimana lagi, haha. Tetap semangat, tetap sehat dan tetap berkarya.

Comments

Leave a Reply